Menjaga Mac Anda Tetap Prima

10 hal untuk menjaga Mac anda tetap prima

1. Pastikan semuanya terkini (up-to-date)

Mengecek update untuk software-software Apple setidaknya sebulan sekali penting agar Mac anda tetap optimal. Dari menu Apple, pilih Software Update dan pastikan komputer anda terhubung dengan internet. Software Update akan memeriksa system anda dan mengecek update-update mana saja yang diperlukan.. Jika ada, maka ada pilihan nanti untuk anda meng-update software yang bersangkutan. Centang software yang diinginkan dan klik tombol Install untuk men-download dan menginstall update.
2. Singkirkan mainanmu!

Anda bukan anak kecil lagi bukan? Jangan biarkan desktop anda berantakan dengan segala macam file yang berserakan dan letakkan file-file anda di tempat yang mudah ditemukan. Ini bisa meminimalisir kemungkinan file anda terhapus secara tidak sengaja dan mebuat anda bisa bekerja secara efisien. Anda bisa membuat folder-folder baru (di finder, pencet tombol Shift-Command-N) dan mengaturnya sesuai kehendak anda.
3. Beri nama pada anak-anakmu!!

Anda pasti punya setidaknya beberapa file yang diberi nama “generic” seperti picture001, worddoc01, dll. Hal ini nantinya bisa menyusahkan anda jika sewaktu-waktu anda membutuhkannya, tapi tidak tahu di mana file itu berada. Karena itu, mulai sekarang berilah nama-nama yang lebih deksriptif kepada file-file anda. Tahukah anda, bahwa walaupun Spotlight bisa bekerja dengan cepat hal itu tidak ada gunanya jika anda tidak memberinya nama yang deskriptif!
4. Tebas “hutan file” milikmu!

Untuk mengurangi jumlah clutter di HDD anda, kosongkan sedikit ruang dengan cara mengarsip file-file besar yang jarang dipakai (lihat caranya di sini), dan pastikan anda memberi nama yang tepat setelah diarsip (Ingat rule 3). Hapus file-file yang sudah tidak dibutuhkan atau sudah basi; hapus juga file-file yang tak diinginkan. Caranya mudah – drag saja semua file tadi ke folder trash dan jangan lupa untuk mengosongkannya. Komputer anda akan sangat menghargai usaha yang anda berikan!
5. Repair Disk Permissions

Adalah ide yang baik untuk memastikan secara berkala bahwa disk pemissions anda dalam keadaan yang sehat – terutama setelah meng-upgrade atau meng-install software baru. Buka Disk Utility (di /Application/Utilities) dan pilih icon HDD anda di panel kiri. Klik tab First Aid, dan klik Repair Disk Permissions untuk memulai proses (bisa memakan waktu beberapa menit). Jika Disk Utility menemukan masalah, ia akan membereskannya!
6. Back-up data anda!

Untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan, pastikan anda melakukan back-up secara berkala. Anda bisa menyimpannya ke CD, DVD, HDD external, iPod, iDisk, atau apapun yang bisa digunakan untuk menyimpan data. Jangan lupa untuk menghapus file copy yang terdapat di harddisk anda untuk memberi ruang tambahan. Jika anda ingin mengetahui cara untuk melakukan back-up, pilih Mac Help dari menu Help di Finder dan lakukan search untuk “back up files”. Bingung menentukan apa yang harus diback-up dan tidak? Lihat di halaman berikut.
7. Restart komputer anda sesekali

Walaupun Mac anda bisa bekerja non-stop 24 jam sehari, 7 hari seminggu, anda juga perlu melakukan restart sesekali untuk me-refresh system jika anda mempunyai kebiasaan untuk menyalakan komputer sepanjang hari. Hal ini bisa membantu untuk mencegah timbulnya masalah.
8. Cek apakah ada virus yang bersarang

Jumlah virus yang mengancam Mac tidaklah sebanyak jumlah yang mengancam Windows, tapi bukan berarti Mac kebal sama sekali. Jika anda belum mempunyai software antivirus, ada baiknya anda mempertimbangkan untuk membelinya. Jika anda sudah punya, pastikan bahwa virus definition anda selalu up-to-date.
9. Optimalisasi Hard Disk anda!

Untuk memastikan komputer anda dalam performa maksimal dan mecegah timbulnya masalah, optimalisasikan harddisk anda setahun sekali. Software third-party seperti Alsoft Disk Warrior Optimizer dan Micromat Tech Tool Pro akan men-defrag dan menyegarkan harddisk anda.

Jangan lupa untuk mem-backup file-file penting sebelum men-defrag harddisk anda.
10. Bersihkan bagian luarnya juga donk!

Debu dan kotoran-kotoran lainnya bisa merusak bagian dalam komputer jika anda membiarkannya berkumpul di ruang kerja anda. Anda bisa menggunakan kain yang lembut, kering, dan bebas serat untuk membersihkan bagian luar Mac anda dan juga bagian permukaan di sekitarnya. Anda juga bisa memakai kemoceng ataupun udara terkompresi kok, tapi pastikan anda tidak menggunakan pembersih cairan untuk membersihkan Mac anda.


About this entry