Steve Jobs, Marketer 3.0 Yang Jenius

steve job

steve job

Steve Jobs, Marketer 3.0 Yang Jenius

25 Jun 2010. Posted By

Bagi Anda yang lagi belajar menjadi pembicara handal, coba cari video Steve Jobs memperkenalkan produk-­produk Apple di YouTube. Anda  sebaiknya  menonton  video  ini  secara  berurutan  mulai  dari perkenalan Macintosh tahun 1984 lalu loncat ke peluncuran iPod tahun 2001  lalu maju ke peluncuran  iPhone 6  tahun kemudian. Terakhir, peluncuran  iPad dan  iPhone 4 di  tahun 2010. Kalau Anda cermati video­video tersebut, semuanya penuh dengan cerita-­cerita yang fantastis serta celetukan sinis dan humoris mengenai pesaing Apple.

Anda akan melihat Steve Jobs yang visionaris di masa mudanya dan bagaimana dia menjadi storyteller yang terbaik di dunia.

Tantangan bagi siapa pun yang menjual produk teknologi adalah bagaimana menjelaskan fitur­fitur rumit dengan cerita yang mudah dicerna masyarakat luas.Untuk urusan ini, Steve Jobs memang jagonya.  Daripada  berusaha  menceritakan  teknologi  baterai  iPad  dan fitur keamanannya, Jobs menyebut iPad sebagai “gadget that gives you freedom:  freedom from programs  that  trash  your battery  life,  freedom from porn.” Lihat juga bagaimana Jobs memposisikan iPad di antara iPhone (smartphone) dan Macbook (laptop) dan lantas menyerang netbook yang menurutnya tidak layak berada di posisi tengah tersebut.

Akan  tetapi  tantangan  terbesar  Jobs di  tahun  2010 bukanlah memperkenalkan  iPad  tetapi memperkenalkan  iPhone 4. Alasannya sederhana: iPad ketika diluncurkan betul-­betul kejutan bagi semua orang. Banyak yang mencoba mereka­reka desain iPad tetapi publik  tidak pernah melihat produk aslinya sebelum peluncuran.

Tetapi ceritanya lain dengan iPhone 4. Beberapa waktu sebelum peluncuran, prototip iPhone sempat bocor ke public. Karena itu Jobs berseloroh pada waktu peluncuran, “Sebagian dari Anda mungkin sudah pernah melihat  iPhone 4,”  yang disambut  tawa penonton.

Uniknya, Jobs tetap bisa menarik perhatian penonton meski desain iPhone  4  bukan  lagi  kejutan. Misalnya,  Jobs  bercerita mengenai rangka iPhone yang aneh karena ada lekukan di beberapa bagian. Rangka  ini  ternyata  adalah  antena  iPhone  yang  didesain  khusus untuk membuat produk ini menjadi smartphone tertipis di dunia.

Meski koneksi Wi­Fi sempat  terganggu pada saat demonstrasi  iPhone 4, perhatian penonton  tetap  tersedot pada cerita­-cerita Jobs yang menarik.

Steve Jobs adalah salah satu representasi sempurna untuk seorang Marketer 3.0

sumber : http://www.the-marketeers.com


About this entry